Tips Liburan Ke Jogja Efektif

Spread the love

Jogja adalah kota yang memang menarik karena memiliki banyak destinasi wisata. Ongkos perjalanan juga tidak begitu mahal karena letaknya di Jawa Tengah. Namun, berlibur ke Jogja juga kudu dipersiapkan secara matang, mulai dari destinasi wisata, budget dan lain-lain. Nah, berikut kami bagikan tips liburan ke Jogja secara efektif.

Tujuan

Jogja gak cuma 1-2 tempat wisata, loh, ada pantai, gunung, hingga museum. Silakan tentukan mau ke mana saja ketika berlibur di Jogja nanti. Mempersiapkan tujuan dari awal bisa menghemat biaya berlibur.

Transportasi

Ini juga tidak kalah pentingnya, jika kamu pingin menghemat waktu maka naik pesawatlah, tapi jika tidak diburu-buru waktu bisa baik kereta atau bus, tentu harga tiketnya lebih murah. Atau jika ingin lebih praktis lagi bisa membawa mobil sendiri dari rumah, nanti ketika di Jogja sudah tidak perlu menyewa alat transportasi lainnya.

Penginapan

Sekarang sudah banyak penginapan murah di Jogja dengan waktu sewa yang fleksibel, bisa sehari, seminggu atau sebulan. Untuk mengecek harga penginapan juga mudah, kamu bisa mengeceknya di aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia di App-Store atau PlayStore.

Saran kami carilah penginapan yang dekat dengan tujuan tempat wisata karena bisa menghemat ongkos juga.

Cari Tiket Promo

Biar anggaran tidak membengkak kamu juga bisa pantau jasa transportasi atau penginapan, barangkali mereka memberikan promo atau cashback yang berguna.

Makan

Di Jogja banyak kok penjual makanan murah, bahkan ada yang masih Rp10.000/porsi. Gak usah mentang-mentang liburan terus gengsi beli makanan murah demi menghemat biaya. Ingat, kita perlu asupan makan 3 kali sehari, cuy.

Tempat makan murah biasanya berada di dekat kawasan kampus, jadi sering-sering mengecek ke sana. Jangan makan di tempat wisata, harganya bisa naik 2x lipat.

Oleh-Oleh

Ini juga sering kali yang membuat anggaran membengkak. Jangan beli oleh-oleh yang tidak begitu berguna, tapi harganya mahal. Kalau memang tertarik dengan oleh-oleh harga mahal pergi ke Malioboro saja karena di sana mayoritas barang masih bisa ditawar.